Sembuhkan Stres Anda

June 3, 2009

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami stres yang menyebabkan kita merasa frustasi, lelah, tidak bahagia dan lain sebagainya. Stres dapat membuat kita merasa jauh dari teman, keluarga atau bahkan Tuhan. Gejala stres dari tiap orang berbeda. Ada yang merasa sakit kepala, tidak enak mood, kelelahan yang berlebihan, atau bahkan yang lebih parah sampai mengalami stroke. Orang yang mengalami stres mempunyai ciri-ciri yang sangat kentara sekali. Mereka cepat marah, sensitif, kuatir berlebihan, cepat panik, dan kadang merasa paranoid bagi insan yang mempunyai hubungan kekasih, sehingga acap kali masalah kecil pun bisa menyebabkan keretakan hubungan. Hal-hal yang menyebabkan stres pun berbeda dari tiap orang. Ada hal karena masalah kehidupan seperti pengakuan diri, perkawinan, sakit atau bahkan duka. Masalah pekerjaan pun bisa jadi pemicu stres seperti pekerjaan yang berlebihan, phk, pengangguran dan lain-lain. Stres bisa dikurangi dan dapat disembuhkan. Semua tergantung dari kita bagaimana memandang stres. Berikut cara-cara stres bisa kita lawan.

Kekuatan Hati

Pertama kali yang kita lakukan adalah menyadari bahwa kita mempunyai kekuatan untuk melawan stres dan mampu mencari jalan keluar yang terbaik. Itu dimulai dengan memiliki sikap yang positif atas berbaghai dan itu bisa dilakukan pertama kali untuk diri sendiri terlebih dahulu. Sikap yang perlu dilakukan adalah menanamkan pikirina bahwa diri kita adalah berharga dan memiliki sesuatu yang unik. Jika itu dilakukan otomatis kita akan lebih percaya diri, menghilangkan perasaan negative serta tidak menyalahkan diri sendiri dalam hal apapun. Satu hal yang paling penting adalah kita bisa meminta kekuatan dari Tuhan untuk melewati saat dimana kita mengalami stres. Kita bisa meminta Dia yang selalu menyertai kita.

Menyendiri

Menyendiri dalam hal ini adalah bukan secara fisik mengasingkan diri, tetapi merupakan hal dimana diri kita dalam kesendirian berhenti untuk berpikir, melepaskan segala penat dan tidak melakukan kegiatan apapun yang merangsang kita berpikir terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi. Didalam kesendirian kita bisa mencoba untuk bermeditasi sesaat yaitu duduk dengan rileks, ambil napas dalam-dalam dari hidung, hembuskan keluar secara perlahan dari mulut. Ulangi hal tersebut diri kita bisa merasa “lepas”. Bangkitkan rasa “bahagia” ketika melakukan itu dan coba untuk tersenyum. Lalu rasakan energy positif mengalir ke tubuh kita.

Rasa stres sungguh sangat melelahkan dan bisa membuat kita lemah dari hari ke hari. Menyendiri dengan meditasi membuat kita merasa lebih segar dan dapat mengembalikan kekuatan kita untuk mengatasi persoalan yang membelenggu.

Vitalitas

Untuk “fight” dengan stres kita harus menyiapkan energi yang cukup bagi tubuh kita. Karena itu vitalitas merupakan “senjata” kita dalam “memerangi” stres. Makan makanan yang bernutrisi tinggi adalah suatu keharusan, olahraga juga demkian dan yang cukup penting adalah bersenang-senang.

Dalam hal makanan pilihlah makanan yang penting untuk tubuh seperti buah-buahan, sayur, makanan berprotein tinggi serta cukup karbohidrat. Minum air putih yang cukup, hindari minuman yang berkafein tinggi serta jauhi alkohol dan rokok. Untuk olahraga kita bisa memilih yang kita suka seperti tenis, berenang atau jalan kaki yang merupakan olah raga paling murah dengan seribu manfaat. Kita juga perlu bersenang-senang secara positif seperti hang-out bersama teman-teman, bercanda dan tertawa, berlibur bersama keluarga, menonton, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Menghabiskan waktu dengan orang yang kita kasihi akan membuat stres menjauh dari kita.

Dukungan

Ketika kita merasa bahwa stres telah menyelimuti kita terlanjur dalam saatnya untuk meminta dukungan orang terdekat untuk membantu kita. Teman, kekasih, orang tua, atau orang yang kita anggap dekat dengan kita. Jangan menjauh dari mereka saat rasa stres telah membuat kita jatuh. Kita juga dapat meminta bantuan dari dokter atau psikiater. Mereka adalah orang-orang yang dapat membantu kita untuk melewati masa-masa stres. Jangan lupakan juga berdoa, meminta dukungan dari Tuhan adalah jalan yang terbaik.

Kontrol

Sekarang saatnya untuk mengontrol diri kita seutuhnya untuk menghadapi rasa stres. Stir rasa stres agar tidak mengendalikan kita tapi sebaliknya. Kenali rasa kuatir kita, definisikan masalah-masalah yang dialami. Pecahkan satu persatu dan temukan jawaban yang terbaik dari masalah yang telah didesripsikan sebelumnya.

Tenang

Dari serangan stress secara bertubi-tubi yang kita butuhkan adalah ketenangan dalam menghadapi semuanya. Kita harus percaya bahwa kita bisa mengatasinya dengan tenang. Ketenangan adalah tempat kita bisa menemukan kedamaian disana. Kedamaian bukan sesuatu yang hanya kita harapkan, tapi itu adalah sesuatu yang bisa diperoleh dan kita berikan kepada orang lain.

Comments are closed.

%d bloggers like this: